"SEHAT ITU PENTING" Bunda.. Berikan Anak Anda Makanan Yg Sehat dan Bernutrisi!! Ini Nih Tips Membuat Bekal Sekolah Anak!!

Boraks, tawas, pewarna tekstil. Beragam zat berbahaya itu banyak yang digabungkan kedalam makanan atau jajanan saat saat ini. Sebagai orangtua, Anda tentu tidak mau bila sebagian racun itu masuk kedalam tubuh Si Kecil serta membuat mereka sakit. Oleh karena itu, makin banyak orang tua yang membikinkan serta membawakan makanan buatan rumah untuk Si Kecil. Bila menginginkan membuat bekal sekolah anak, jangan lupa perhatikan beberapa hal di bawah ini.


Tips membuat bekal sekolah anak

Tentukan buah-buahan serta sayuran

Buah-buahan serta sayuran kaya gizi lantaran mengandung banyak vitamin serta serat. Disarankan supaya anak konsumsi setidaknya lima jumlah buah serta sayuran setiap hari. Bingung berapakah ukuran satu jumlah? Satu jumlah wortel sama juga dengan 118 gr, sedang satu jumlah buah dapat sama dengan satu jeruk berukuran tengah.

Lemak

Anak-anak memerlukan lemak dalam makanan mereka untuk tetap sehat serta membantu mereka terasa kenyang, namun jangan sampai sangat banyak. Makanan yang mengandung lemak diantaranya mentega, minyak, keju, kacang-kacangan, serta daging. Sedang makanan rendah lemak sebagian di antaranya yaitu buah-buahan, sayuran, serta susu rendah lemak. Diluar itu, disarankan juga untuk membekalkan anak dengan makanan mengandung lemak baik HDL seperti kacangan-kacangan, ikan tuna, serta ikan salmon.

Biji-bijian

Yang disebut dengan biji-bijian yakni termasuk roti, sereal, nasi, serta pasta. Disarankan untuk pilih biji-bijian utuh seperti beras coklat serta roti gandum utuh dari pada beras putih serta roti putih.

Minuman

Terkecuali makanan, apa yang diminum oleh anak juga penting, Bu. Untuk minuman bekal sekolah anak, lebih baik berikanlah air putih atau susu. Susu serta jus buah 100% yaitu minuman terbaik untuk anak-anak waktu makan siang. Hingga umur 9 th., anak-anak membutuhkan tiga sampai empat gelas susu setiap hari. Bila si kecil tidak ingin minum susu di sekolah, berikanlah jus buah 100% yang diperkaya dengan kalsium serta vitamin D.

Makanan seimbang

Bekal sekolah anak yang baik tidak terlepas dari makanan seimbang. Berarti bekal Si Kecil terbagi dalam kombinasi grup makanan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging atau makanan berprotein, serta produk olahan susu (susu serta keju). Diluar itu, sesuaikan dengan juga keperluan berdasarkan umur si anak.

Bila Ibu atau Bapak bingung dengan makanan apa yang perlu di buat, resep bekal sekolah anak yang mudah, cepat, serta bergizi di bawah ini bisa ditiru.

Omelet Sayur dan Jamur 

Bahan :

*2 butir telur ayam, kocok
*1 butir bawang merah, cincang halus
*1 butir bawang putih, cincang halus
*10g buah jamur kancing, iris-iris
*1/2 butir tomat ukuran tengah, buang bijinya, cincang halus
*1/2 buah wortel ukuran tengah, potong kotak-kotak atau parut kasar
*Sebagian lembar bayam rebus sebentar, tiriskan
*Daun bawang
*Garam serta merica secukupnya
*Langkah membuat
*Anda dapat ikuti langkah-langkah berikut ini :
*Tumis bawang merah serta putih lalu masukkan wortel. Tumis hingga wortel 1/2 matang, tiriskan.
*Campur semua bahan, termasuk juga tumisan wortel, kedalam kocokan telur.
*Panaskan wajan antilengket serta berikan sedikit minyak.
*Masukan campuran telur, ratakan.
*Masak omelet telur sampai masak.

Supaya makanan bekal sekolah anak disenangi oleh Si Kecil, dianjurkan untuk mengajak anak berdiskusi guna menentukan menu bekalnya. Variasikan makanan supaya anak tak terasa bosan, rasa makanan tidak terlalu manis, serta bentuk makanan supaya lebih menarik.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment