PERINGATAN!! untuk penderita mag waspadalah!! inilah menu makanan yang harus anda hindari!!!

Sakit maag yaitu keadaan umum yang bikin perut sisi atas merasa tak nyaman. Ini umumnya diperlihatkan oleh beragam gejala seperti bersendawa, kehilangan selera makan, mual, begah (perut merasa penuh) sesudah makan, perut kembung, serta perut atas merasa perih.


makanan untuk penderita maag yang perlu dijauhi

Sakit maag atau dispepsia dapat dipicu karena makan sangat banyak atau sangat cepat, stres, konsumsi obat tertentu, serta menderita penyakit spesifik. Tetapi, sakit maag dapat juga dikaitkan dengan gaya hidup yang jelek serta tak sehat. Misalnya merokok, konsumsi makanan pedas, berminyak serta berlemak, dan minuman beralkohol, bersoda/berkarbonasi, serta berkafein.

Nah, bila sudah mengetahui kalau salah dua penyebabnya sakit maag yaitu makanan serta minuman, yuk jauhi atau kurangi makanan ini untuk pasien maag.

Makanan serta minuman asam 

Buah jeruk, lemon, limau, saus tomat, dan minuman berkarbonasi/bersoda berbentuk asam serta bisa mengakibatkan permasalahan pencernaan. Apabila Anda menderita maag, baiknya jauhi makanan serta minuman itu.

Makanan pedas 

Makanan pedas bisa mengakibatkan masalah pencernaan untuk sebagian orang. Oleh karena itu, bila Anda alami masalah pencernaan, dianjurkan untuk pilih makanan lembut serta jauhi makanan yang kaya rempah-rempah.

Produk olahan susu 

Laktosa membuat susu jadi susah diolah oleh tubuh. Saat laktosa tidak bisa diolah dengan baik, perut akan jadi kembung serta membuahkan gas. Diluar itu, Anda dapat juga menderita diare. Bahkan juga, ada orang yang alergi susu atau intoleran pada laktosa. Tetapi dianjurkan tidak untuk menjauhi produk susu seutuhnya. Susu mengandung kalsium yang utama untuk perubahan serta kesehatan tulang. Tanpa ada konsumsi kalsium yang cukup, osteoporosis bisa mengintai Anda.

Makanan berlemak serta digoreng 

Dampak makanan berlemak pada sakit maag masih membutuhkan bukti serta riset selanjutnya. Tetapi, lemak memanglah bisa memperlambat otot-otot pencernaan serta mengakibatkan otot-otot kandung empedu berkontraksi. Diluar itu, makanan berlemak juga disangka dapat memperlambat pengosongan lambung, memperburuk konstipasi, dan memperburuk atau mengakibatkan diare. Sedang makanan yang digoreng memerlukan saat lebih banyak untuk diolah, rendah serat, serta membuat Anda terasa kembung.

Makanan serta minuman manis 

Fruktosa serta makanan atau minuman dengan pemanis buatan yang lain disangka bisa menyebabkan dispepsia. Ini lantaran pemanis tak sepenuhnya dapat diolah serta diserap tubuh sebelumnya meraih usus.

Alkohol 

Alkohol tak mengandung protein, vitamin, atau nutrisi yang lain. Alkohol malah begitu beresiko untuk susunan lambung serta metabolisme hati, dan dapat menyebabkan masalah pencernaan serta permasalahan kesehatan yang lain.

Minuman berkafein 

Minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, serta cokelat bisa merangsang saluran pencernaan. Bila dikonsumsi berlebihan, bahkan juga bisa mengakibatkan diare atau memperburuk masalah pencernaan Anda.

Ada banyak pilihan makanan untuk penderita maag. Oleh karenanya, yuk kurangi serta jauhi makanan yang berisiko memperburuk sakit maag. Diluar itu, dianjurkan juga untuk makan sedikit tetapi sering (bukan makan besar tiga kali). Anda juga disarankan untuk mengunyah makanan pelan-pelan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment