APAKAH ANDA TERMASUK ORANG YANG SUKA LUPA......??? JANGAN KHAWATIR LUPA ANDA AKAN TERATASI DENGAN TANAMAN YANG BANYAK TUMBUH DILINGKUNGAN KITA INI BUKTIKANLAH DAN JANGAN LUPA BAGIKAN PADA TEMAN ANDA.!


Tanaman Antanan dikenal juga dengan nama Pegagan atau daun kaki kuda. Pegagan memiliki nama latin Centella asiatica (Linn) serta termasuk dalam keluarga Umbelliferae. Daun pegagan ini memiliki sifat manis serta sejuk. Sesaat efek farmakologisnya yaitu anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis itu pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Di Amerika Serikat dan Eropa, daun ini baru akhir-akhir ini saja banyak menyita perhatian para praktisi kesehatan. Sehingga baru-baru ini, banyak riset yang dilakukan untuk tahu seberapa jauh daun antanan ini dapat membantu dalam penyembuhan keluhan kesehatan atau bahkan penyakit tertentu. Padahal, di wilayah seperti Indonesia, India serta Cina, daun yang satu ini telah banyak dibudidayakan dan sudah banyak digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Antanan mengandung zat-zat yang dapat menjaga kesehatan dan juga dapat digunakan sebagai obat. Zat-zat yang terkandung dalam pegagan diantaranya yaitu garam mineral, yakni kalsium, kalium, magnesium, natrium dan zat besi, serta banyak lagi zat-penting lainnya diantaranya asiaticoside, madasiatic acid, tannin, vellarine, thankuniside, isothankunisise, mesoinositol, hydrocotylin, brahmic acid, brahmocide, brahminoside, centelloside, madecassoside, dan carotenoids.

Daun antanan terbukti berkhasiat bisa meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi. Juga dapat membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak, obat untuk penyakit TBC, menghambat produksi jaringan sisa luka yang berlebihan, serta obat Anti Lepra. Dari unsur – unsur kimia yang dimilki antanan bisa meberikan efek menenangkan, anticemas, serta anti stress. Antanan juga berkhasiat memperbaiki sel – sel kulit mati, merangsang pertumbuhan kuku, rambut serta jaringan ikat, menghilangkan rasa nyeri pada persendian dan dapat melancarkan peredaran darah.

Khasiat Antanan untuk Otak dan Daya Ingat.

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Decsmber 2012 dengan judul ‘Neurological Sciences’, Centella Asiatica memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Kerusakan otak yang bisa dicegah dengan manfaat daun antanan yang merupakan kerusakan otak yang disebabkan oleh kerusakan sel.

Hasil dari berbagai penelitian menemukan bila manfaat daun antanan memiliki kandungan suplemen natural untuk mencegah disfungsi kognitif serta bentuk kerusakan syaraf lainnya. Daun antanan juga diperkaya dengan kandungan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Antanan juga baik dikonsumsi anak-anak untuk meningkatkan kinerja otak serta kecerdasannya

http://www.blog-sehat.com/2016/03/apakah-anda-termasuk-orang-yang-suka.html
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment