[PENTING!!!] ANDA HARUS KETAHUI!! RABUN SENJA BUKAN MERUPAKAN PENYAKIT, MELAINKAN GEJALA DARI PENYAKIT YANG ANDA DERITA!!!

Rabun senja bukanlah satu penyakit, tetapi gejala dari penyakit tertentu yang Anda derita tanpa ada Anda sadari.

Rabun senja bukan merupakan penyakit

Sebagian contoh aktivitas keseharian yang mungkin menandakan Anda alami rabun senja yakni :

Anda mungkin susah melihat jalan waktu berkendara pada malam hari.
Susah lihat sekitar saat jalan ditempat gelap seperti didalam bioskop.
Susah lihat bintang di langit.


Pandangan Anda lebih mungkin memburuk saat transisi dari ruang yang jelas ke gelap.
Bila Anda alami beberapa gejala seperti diatas, bisa jadi Anda menderita :

Rabun jauh atau miopi. Pasien miopi kesusahan lihat benda-benda yang jauh.
Katarak. Lensa mata yang harusnya jernih jadi keruh pada pasien katarak. Hal semacam ini membuat pandangan Anda tak jelas.

Glaukoma. Keadaan ini kerap dikaitkan dengan penumpukan tekanan didalam bola mata (tekanan intraokular). Glaukoma dapat merusak saraf optik mata (organ mata yang mentrasmisi gambar ke otak) Anda serta membuatnya semakin lebih buruk dari saat ke saat.
Diabetes. Penyakit ini dapat membuat pengidapnya alami masalah mata seperti glaukoma serta katarak.

Keratonocus. Pasien keratonocus memiliki kornea mata yang tipis serta seiring berjalan waktu, kornea dapat berubah jadi kerucut. Hal ini membuat pandangan jadi buram serta sensitif pada sinar.
Kekurangan vitamin A. Saat kekurangan vitamin A, dampak buruk dapat menerpa mata Anda seperti alami keratomalacia. Keratomalacia adalah satu masalah pada ke-2 bola mata. Selain mata mejadi kering, sinyal awal Anda alami kondisi ini satu diantaranya mungkin rabun senja.

Retinitis pigmentosa (RP). Ini adalah penyakit mata turunan. Keadaan ini berlangsung saat retina dipenuhi oleh pigmen berwarna gelap.

Usher syndrome. Keadaan ini juga termasuk turunan yang beresiko pada pandangan serta pendengaran. Gejala keadaan ini salah nya ialah retinitis pigmentosa atau RP.

Dampak obat-obatan tertentu. Pemakaian obat-obatan untuk glaukoma dapat membuat pupil menyempit hingga menimbulkan efek samping seperti rabun senja.

Langkah Mengatasinya
Mengatasi rabun senja mesti sesuai dengan penyebabnya. Untuk tahu hal semacam itu, dokter akan menelusuri kisah kesehatan Anda serta lakukan kontrol fisik pada mata. Kemudian, mungkin saja dokter akan lakukan tes darah manfaat tahu kandungan gula serta vitamin A pada tubuh.

Berikut langkah mengatasinya sesuai penyebabnya :

Bila rabun senja dikarenakan oleh miopi, langkah mengatasinya dapat memakai kacamata yang sesuai dengan minus Anda.

Untuk pasien katarak, Anda dapat melakukan operasi untuk mengganti lensa mata yang sudah keruh dengan lensa mata palsu yang jernih.

Memakai obat tetes mata dari dokter dapat kurangi tekanan pada mata pada pasien glaukoma. Hal ini dikerjakan lewat cara kurangi pembentukan cairan pada mata. Penggunaan obat oral, operasi, atau terapi laser juga bisa dikerjakan bila penyembuhan dengan obat tetes mata saja tak efektif.

Keratonocus ringan dapat diatasi dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak. Namun untuk umumnya orang, lensa kontak adalah cara yang paling efisien. Untuk keadaan yang parah, seperti telah tak dapat memakai lensa kontak atau penipisan kornea yang kronis, jalur operasi mungkin dibutuhkan.

Kekurangan vitamin A mungkin dapat diatasi dengan konsumsi suplemen vitamin A.

Bila Anda alami rabun senja akibat pemakaian obat, janganlah segera berhenti mengonsumsinya. Konsultasikan dulu ke dokter sebelumnya menurunkan dosis atau berhenti meminumnya.

Rabun senja yang disebabkan oleh penyakit genetik seperti RP serta Usher syndrome tak dapat diobati. Untuk hindari hal-hal yg tidak diinginkan, dianjurkan untuk tidak berkendara pada malam hari atau melakukan aktivitas di tempat yang gelap.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment